SMK Negeri 1 Karimunjawa

Jl. Ahmad Yani No. 1 Karimunjawa 59455

.

Wisata Edukasi di Karimunjawa Bersama SMK N 1 Karimunjawa

Rabu, 18 Desember 2019 ~ Oleh admin ~ Dilihat 1085 Kali

Jika kita membayangkan Karimunjawa pasti akan terbayang lautan dengan airnya yang jernih, pasir putih dengan pantainya yang landai, alam bawah laut dengan terumbu karangnya yang menawan. Sehingga menjadikan Karimunjawa sebagai tempat wisata alam yang banyak dikunjungi, tidak hanya oleh turis domestic, turis manca pun banyak yang berdatangan di kepulauan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara.

Selain menikmati objek wisata yang ada di Karimunjawa, ternyata bisa juga digunakan untuk sarana Pendidikan atau istilah kerennya Wisata Edukasi. Wisata Edukasi ini digagas oleh SMK Negeri 1 Karimunjawa dalam rangka untuk mempromosikan salah satu program keahliannya yaitu Agribisnis Rumput Laut. Karena  selama ini agribisnis rumput laut hanya menghasilkan pendapatan pada saat rumput laut dipanen, para guru-guru SMK N 1 Karimunjawa mencoba untuk menawarkan konsep baru berwisata sambil edukasi di Karimunjawa.

Para wisatawan akan diajak ke lahan rumput laut milik SMK, selanjutnya para wisatawan diajak untuk praktek membersihkan rumput laut, memisahkan lumut-lumut yang menempel di rumput laut menggunakan kapal kecil (jukung). Kegiatan ini sama persis ketika siswa sedang praktek di lahan rumput laut. Disela-sela kegiatan para guru-guru akan memberikan informasi-informasi tentang rumput laut tersebut. Jika berkunjung pada saat panen, para wisatawan diperbolehkan untuk membawa pulang rumput laut dari hasil dipetik sendiri.

Untuk wisata edukasi lainnya adalah kita mencoba untuk membuat Virgin Coconut Oil (VCO). Memanfaatkan banyaknya tumbuhan kelapa serta buahnya yang melimpah di Karimunjawa. Para wisatawan bisa melihat demo pembuatan VCO langsung dari warga Karimunjawa tentunya dengan peralatan yang sederhana dan bebas dari bahan kimia.

Wisata Edukasi ini cocok bagi para instasi pendidikan karena jika berkunjung ke Karimunjaw tidak semata-mata hanya untuk kegitan santai-santai saja, karena disaat bersamaan kita bisa mendapat pengetahun dan pengalaman yang baru bersama guru-guru SMK N 1 Karimunjawa.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Sugiyanto, S.Pd, S.ST, M.Pd

Selamat Datang di website SMK Negeri 1 Karimunjawa   Assalamu'alaikum.Wr.Wb Didasari atas perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, maka…

Selengkapnya